√Puasa Minggu Ketiga Tahap Kepompong
Header catatantirta.com

Puasa Minggu Ketiga Tahap Kepompong

Alhamdulillah,
Puasa minggu ketiga ini lebih terkendali. Pembiasaan bangun target puasa minggu sebelumnya membuat hari-hari menjadi lebih konsisten karena mulai menikmati ritmenya.
Ada waktu luang yang seringkali tak berkualitas sehingga saya memutuskan untuk mengisinya dengan membaca. Kegiatan membaca pun akhirnya saya tambahkan ke target puasa.

Berikut target puasa minggu ke tiga :
  1. Excellent : Menyetrika siang tanpa daring, menyetrika malam tanpa daring, pakaian kering sudah setrika tanpa sisa, mencuci tanpa daring, baca buku 10 halaman.
  2. Very good : Menyetrika malam tanpa daring, menyetrika siang tanpa daring, mencuci tanpa daring, pakaian kering ada sisa setrika, tidak baca buku.
  3. Satisfactory : Menyetrika malam tanpa daring, menyetrika siang dengan daring, mencuci dengan daring, pakaian kering ada sisa setrika, tidak baca buku.
  4. Need Improvement : Menyetrika malam dengan daring, menyetrika siang dengan daring, mencuci dengan daring, pakaian kering ada sisa setrika, tidak baca buku.

Pencapaian puasa di minggu ke tiga ini bisa dibilang lebih terkendali dengan hasil yang cukup bagus. Meski badge yang didapat tak ada yang Excellent, tetapi jika digambarkan dalam grafik akan nampak lebih stabil.

Hari pertama (kamis, 9 April 2020)
Aktivitas domestik sedikit terganggu karena saya harus fokus mendampingi anak sulung mengerjakan tugas sekolahnya. Meski mencuci tanpa daring dan melipat pakaian kering juga berhasil dilakukan tanpa daring, tetapi saya tidak menyetrika pakaian baik siang maupun malam. Buku yang dibaca pun tidak mencapai 10 halaman.
Badge Satisfactory saya sematkan.

Hari kedua (jumàt, 10 April 2020)
Aktivitas domestik hari ini berkurang yaitu saya libur masak. Waktu yang ada saya gunakan untuk menyetrika pakaian dan hasilnya amazing. Keranjang baju bersih sisa sedikit. Ini full tanpa daring, hanya dengan menyalakan musik.
Badge Very Good saya sematkan.

Hari ketiga (sabtu, 11 April 2020)
Sabtu selalu menjadi family project kami. Gawai pun terabaikan lebih dari setengah hari. Semua aktivitas domestik pun cepat selesai karena dikerjakan bersama.
Badge Very Good saya sematkan.

Hari keempat (minggu, 12 April 2020)
Hari minggu waktunya kami rebahan. Setelah sabtu gotong royong, maka esoknya kami bersantai. Pekerjaan domestik hanya yang prioritas saja yang dikerjakan. Sisanya menunggu hari berikutnya dan akan dirapel. Hehehehehe.
Buku menjadi teman yang pas saat rebahan, namun gawai kami lebih banyak menyala, sehingga badge Satisfactory saya sematkan.

Hari kelima (senin, 13 April 2020)
Setiap kali senin datang, masih ada momok malas yang terasa. Tetapi, berhubung masih pandemi dan harus stay at home, maka masih bisa bersantai dalam mengerjakan aktivitas domestik. Gawai masih lebih banyak beristirahat karena saya fokus mendampingi Nala belajar di rumah. Menyetrika siang dan malam tidak saya lakukan karena adik bayi agak rewel dan butuh perhatian lebih. Buku pun belum dibaca lagi.
Badge Satisfactory saya sematkan

Hari keenam (selasa, 14 April 2020)
Selama beberapa hari ke belakang, saya dan suami mengamati perubahan perilaku si sulung. Ia mulai banyak berlaku di luar dari apa yang kami ajarkan. Seringkali polahnya menguji emosi, sehingga saya dan suami berdiskusi tentang apa yang salah pada pola asuh kami. Setelah menghubungkan sebab-akibatnya, kami pun memutuskan untuk sedikit mengubah arahan untuk Nala.
Pekerjaan domestik berjalan lancar, begitu pula buku pun dibaca lebih banyak dari biasanya.
Badge Very Good saya sematkan.

Hari ketujuh (rabu, 15 April 2020)
Alhamdulillah, dengan pola pengasuhan yang sedikit diubah, Nala menjadi lebih baik. Hati saya pun lebih tenang dan senang sehingga semua pekerjaan domestik berjalan dengan baik. Buku pun terbaca hampir selesai dan gawai lebih banyak tergeletak di meja.
Badge Very Good saya sematkan.

Kesimpulan dari puasa minggu ketiga ini yaitu saat diri telah menemukan ritme yang tepat dalam mengerjakan segala hal, maka semua akan berjalan dengan lebih baik dan menyenangkan.

#janganlupabahagia
#jurnalminggu3
#kelaskepompong
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta