√Puasa Minggu Pertama (Domestik tanpa Daring)
Header catatantirta.com

Puasa Minggu Pertama (Domestik tanpa Daring)

Domestik tanpa Daring

Puasa Minggu Pertama

Puasa saya adalah mengurangi daring saat melakukan pekerjaan rumah terutama saat menyetrika dan mencuci pakaian. Seringkali rasa lelah dan jenuh menghantui ketika menyetrika. Alih-alih memanfaatkan daring sebagai pengalihan rasa jenuh dan lelah, tetapi malah bablas. Scroll sana sini, lihat video, dan lainnya. Hasilnya, pekerjayan tak selesai dan keburu anak bangun hingga harus fokus mendampingi mereka.

Saat pekerjaan domestik tidak rampung, maka akan menjadi tugas yang terus bertambah. Menumpuk, terbengkalai hingga menimbulkan rasa malas dan kesal. Selain itu, pekerjaan lain pun jadi keteteran dan semrawut. 

Pakaian kering yang sudah diangkat dari jemuran menjadi peer besar bagi saya. Setiap hari menyetrika, setiap hari juga ada tugas menyetrika. Saya menjadwalkan menyetrika saat anak-anak tidur siang dan ketika anak-anak sudah tidur malam. Maka saya memutuskan puasa daring pada waktu tersebut demi menghabiskan pakaian siap setrika. Namun, ada toleransi daring jika urgent saat sedang menyelesaikan pekerjaan domestik.

Saya membuat standar untuk mendapatkan badge pada puasa tahap kepompong ini.

  1. Need Improvement : Menyetrika siang tanpa daring, menyetrika malam tanpa daring, pakaian kering sudah setrika tanpa sisa, mencuci tanpa daring.
  2. Very good : Menyetrika malam tanpa daring, menyetrika siang tanpa daring, mencuci tanpa daring, pakaian kering ada sisa setrika.
  3. Satisfactory : Menyetrika malam tanpa daring, menyetrika siang dengan daring, mencuci dengan daring, pakaian kering ada sisa setrika.
  4. Need Improvement : Menyetrika malam dengan daring, menyetrika siang dengan daring, mencuci dengan daring, pakaian kering ada sisa setrika.

Hari pertama bisa fokus menyetrika siang tanpa lirik2 hp selama 2 jam. Ini pun karena anak-anak tidur dan ditemani suami. Mencuci pakaian saya isi dengan mendampingi anak-anak. Malam hari saya menyetrika sisa pakaian tadi siang. Cukup melelahkan, tetapi saya bahagia karena pakaian kering telah rapi dan wangi sebelum masuk lemari.
Badge : Excellent

Hari kedua, saya tidak mencuci, jadi tidak menyetrika juga karena seharian mengerjakan family proyek yang sangat penting yaitu berbenah. Alhamdulillah dengan kerjasama, proses berbenah jadi lebih cepat dan menyenangkan. Tidak menyetrika tapi rumah jadi lebih rapi dan bersih. Hp pun jarang di tangan dan ratusan chat menanti untuk dibaca. 
Puasa daring benar-benar terjadi sangat lama karena fokus berbenah. Saya rasa badge Excellent berhak saya dapatkan meski pekerjaannya di luar target.
Badge : Excellent

Hari ketiga bertepatan dengan akhir pekan. Ini biasa kami gunakan bersantai bersama keluarga. Setelah kemarin berbenah, maka hari ini waktunya relaksasi. Sambil menunggu cucian, saya bermain dengan anak-anak. Siang saat anak-anak tidur, tidak menyetrika karena saya gunakan untuk online. Menyetrika saya lakukan malam hari selama 2 jam sambil nobar bareng suami. Hp sesekali ditengok karena ada kepentingan mendesak. Hasilnya, pakaian kering tersisa.
Badge :  Need Improvement

Hari keempat, suami mulai aktif WFH ( work from home). Kegiatan mencuci masih berkolaborasi dengan aktivitas belajar anak. Siang hari, jadwal tidur anak-anak kacau karena ada ayahnya di rumah. Selain itu, kami lebih banyak bersantai sambil bermain Onet bersama. Ini menyenangkan dan mengikat kasih sayang. Akan tetapi, pekerjaan rumah tetap terkendali dengan bantuan beliau. Suami sering menjaga anak-anak ketika saya berjibaku dengan urusan domestik. Malam hari saya menyetrika ditemani suami dan nonton Parasit.
Badge : Satisfaction

Hari ke lima, masih penasaran dengan permainan Onet. Efeknya, sebentar-sebentar kami bermain Onet. Malam harinya, suami hanya sebentar menemani nyetrika. Saya menonton film Star Wars sendirian sambil menyelesaikan target setrikaan.
Badge : Satisfaction

Hari ke lima saya memutuskan untuk menghapus aplikasi Onet. Karena permainan ini bisa menghambat puasa daring saya. Beruntung suami juga membantu mendampingi anak-anak, jadi pekerjaan domestik selesai dengan mudah dan cepat. menjadi lebih banyak. Siang hari sempat menyetrika 30 menit tanpa daring. Malam hari pun bisa menyetrika menghabiskan pakaian kering siap setrika.
Badge : Very Good

Hari ke enam, kondisi mulai stabil dan saya terbiasa mengabaikan gawai. Proses mencuci selalu berkolaborasi dengan pembelajaran anak. Siang hari menyetrika beberapa helai pakaian tanpa daring. Malam hari menyetrika yang diselingi daring karena ada curhatan mendesak yang harus dibalas. Pakaian kering tidak bersisa.
Badge : Very Good

Hari ke tujuh, sepanjang hari hampir sama dengan hari ke enam. Malam hari diselingi daring karena ada permasalahan yang sedang didiskusikan secara online. 
Badge : Very Good

Selama tujuh hari puasa daring, saya mengambil kesimpulan bahwa godaan daring sangat berpengaruh pada ketuntasan. Salah satu trik menghindari daring ketika melakukan pekerjaan domestik adalah mengecilkan suara notifikasi gawai, menghindari menonton video yang tidak diperlukan, dan membuang aplikasi game yang sangat menggoda.




#janganlupabahagia
#jurnalminggu1
#kelaskepompong
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta