√Solusi Menjaga Kesehatan Pasca Melahirkan
Header catatantirta.com

Solusi Menjaga Kesehatan Pasca Melahirkan


Hai, Mom. Pasca melahirkan badan pasti sangat lelah dan butuh banyak istirahat. Namun, kebutuhan akan istirahat ini tidak bisa langsung terpenuhi. Banyak aktivitas rumah yang tetap harus dikerjakan. Pekerjaan rumah yang tidak pernah ada habisnya akan terus ada dan harus diselesaikan. Ditambah lagi merawat bayi yang perlu perlakuan khusus. Jadi, tugas pun semakin bertambah. Segala aktivitas tersebut tentunya akan menimbulkan kelelahan. Bukan hanya lelah fisik, tetapi seringkali menyebabkan kelelahan emosi.
Nah, berikut solusi yang bisa dicoba untuk menjaga fisik dan emosi agar tetap stabil.
1. Perbanyak asupan makanan
Sebagai ibu menyusui yang baru saja melahirkan, butuh perlu asupan makanan yang lebih dari biasanya. Perbanyak sayur hijau dan buah berair agar tubuh tetap stabil dan ASI mengalir deras.
2. Suplemen dan vitamin
Pasca melahirkan, tubuh perlu tambahan suplemen dan vitamin. Biasanya dokter memberi resep penambah darah, zat besi, dan pelancar ASI. Konsumsi secara rutin vitamin tersebut, maka dapat menjaga kondisi tubuh agar kembali segar.
3. Komunikasi dengan pasangan
Pekerjaan rumah dan merawat bayi tentunya sangat menguras tenaga serta emosi. Jalinlah komunikasi yang baik dengan pasangan. Utarakan perasaan yang sedang dirasakan. Ajak pasangan mengerti keadaan diri sehingga terjadi saling memahami. Minta juga bantuan pada pasangan dalam mengerjakan bermacam aktivitas. Dengan demikian tenaga pun bisa lebih hemat dan pekerjaan cepat selesai.
4. Delegasikan tugas rumah
Apabila tubuh dirasa sangat lelah, maka bisa mengalihkan tugas pada pasangan ataupun asisten rumah tangga. Jika diperlukan, maka asisten rumah tangga akan sangat membantu meringankan pekerjaan rumah. Apabila tidak ada asisten maka bisa memilah pekerjaan yang bisa menggunakan jasa. Misalnya saja laundry pakaian atau lainnya.
5. Me time tipis
Demi menjaga diri agar tetap waras baik fisik maupun psikis/emosi, maka memanjakan diri sendiri atau me time sangat diperlukan. Me time nya cukup singkat saja dan tidak perlu berlebihan. Misalnya saja menikmati secangkir teh hangat ataupun susu hangat di sela-sela melakukan pekerjaan rumah. Menenangkan diri dengan menarik nafas dalam agar emosi tetap stabil.
Baik, Mom. Silahkan dicoba. Semoga bisa menjaga agar tetap bersemangat menjalani hari dengan bahagia bersama buah hati tercinta.
.
#SehariSatuTulisan

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta