√Kopdar Matrikulasi Institut Ibu Profesional (MIIP) Batch5 Bekasi2
Header catatantirta.com

Kopdar Matrikulasi Institut Ibu Profesional (MIIP) Batch5 Bekasi2

Mengenal Lebih Dekat Ibu-Ibu Pembelajar Hebat

"Tak kenal maka tak sayang. Tak sayang maka tak cinta"
Pepatah ini mewakili kami para wanita, istri dan ibu yang telah tergabung menjadi anggota di kelas Matrikulasi Institut Ibu Profesional ( MIIP ) Batch5 Bekasi 2. Kami memang telah terhubung dan berkomunikasi di kelas online, baik via aplikasi whatsApp maupun GoogleClass. Namun rasanya masih ada yang kurang dari sekedar berinteraksi dalam grup online. Kami tergerak untuk bertemu langsung dan mengenal lebih dekat. Atas dasar itulah akhirnya kami mengadakan kopdar sebagai wujud pertemuan offline. Mengusung tema "Mengenal Lebih Dekat Ibu-Ibu Pembelajar Hebat", kami bertatap muka dan saling mengenal lebih dekat.

Sabtu, 03 Maret 2018, bertempat di kediaman bunda Wella Servana selaku ketua kelas MIIP Batch5 Bekasi 2, kami bersilaturahim. Saling memperkenalkan diri menciptakan jalinan sayang diantara kami sehingga melahirkan cinta satu sama lain. Kami mempunyai tujuan yang sama yaitu ingin belajar menjadi pribadi yang lebih baik. Menimba ilmu sebagai bekal dalam mendidik anak-anak dan membangun keluarga bahagia serta mencoba membuka wawasan sehingga dapat mengetahui peran dalam keluarga.
 
Dari kiri: Wella.S (Ketua kelas MIIPB5 Bekasi2), Ruyanti Somi (Observer Bekasi2), Utami Sadikin (Leader IIP Bekasi)

Kopdar dipandu oleh bunda Ruyanti yang merupakan observer di MIIPB5 Bekasi2. Acara diawali dengan sesi perkenalan sesuai dengan tujuan utama dari acara ini. Satu persatu dari kami memperkenalkan diri. Membagi sedikit cerita tentang jati diri agar terasa semakin dekat. Kopdar ini pun terasa lebih spesial karena kami kedatangan tamu hebat yaitu bunda Utami Sadikin. Beliau adalah leader dari IIP Bekasi. Banyak informasi yang beliau bagikan pada kami tentang Institut Ibu Profesional, tujuan dari komunitas ini, dan manfaat yang bisa didapat dari mengikuti Institut Ibu Profesional. 

Ada kerinduan terselip diantara kami ketika berkumpul dan saling bertatap muka. Kerinduan pada bunda Eka Mustikasari yang merupakan fasilitator kami di kelas MIIPB5 Bekasi2. Beliau tidak bisa bergabung bersama kami karena kebetulan berdomisili di Batam. Namun meski tidak dapat bertemu dan mengenal secara langsung, sayang dan cinta kami tetap tercipta untuknya.

" Jauh di mata, namun selalu dekat di hati " Semoga dilain kesempatan kita bisa berkumpul dalam formasi yang lengkap. 

Institut Ibu Profesional merupakan komunitas yang dibentuk sebagai wadah belajar bagi para perempuan yang senantiasa ingin meningkatkan kualitas dirinya sebagai seorang ibu, istri dan sebagai individu. Tahap awal dari IIP yaitu masuk dalam kelas matrikulasi. Disini  kami diajarkan tentang adab menuntut ilmu, dilatih untuk mengembangkan potensi diri, menemukan spesifikasi  hidup, dan merangkai visi serta misi keluarga yang ingin dicapai. 

Setiap orang punya tujuan dan cara yang berbeda untuk keluarganya. Tinggal bagaimana memilih yang sesuai. Bukan mencontoh orang lain atau sampai melakukan hal yang sama karena semuanya belum tentu cocok untuk diterapkan dalam keluarga. Lakukan dengan terus berusaha konsisten dan istiqomah atas apa yang telah direncanakan agar tercapai dan mendapat hasil yang baik. Baik disini yaitu menurut versi kita masing-masing.

Kami merasa sangat senang bisa mengenal lebih dekat sesama anggota MIIP Batch5 Bekasi2. Bahagia bisa berkumpul bersama ibu-ibu pembelajar hebat yang memiliki tujuan yang sama. Bertekad ingin terus belajar agar menjadi lebih baik dan juga bermanfaat. Saling berbagi dan mendukung satu dengan lainnya. Percaya pada kemampuan diri dan melakukan yang terbaik menjadi kunci agar setiap proses dapat dilalui dan mencapai hasil yang diinginkan. Tidak perlu berkecil hati karena berbeda dengan yang lain. Tidak perlu minder apalagi merasa bukan apa-apa diantara yang lain karena kita semua sama. Hanya saja kita mempunyai potensi berbeda dalam diri masing-masing.
 
Serunya dapat doorprize dan banyak ilmu
Keseruan kopdar juga tercipta ketika kami melakukan games sederhana yang dipandu oleh bunda Utami. Masing-masing dari kami menyebutkan satu kata yang mewakili diri. Satu kata yang menjadi kekuatan sebagai cerminan diri. Teman-teman yang lain menyimak sambil menghapal nama dan kata yang telah diucapkan. Tujuan permainan ini yaitu untuk menciptakan semangat akan kekuatan yang menjadi keunggulan diri. Melalui permainan ini kami juga jadi lebih mudah mengenal dan menghapal nama satu dengan yang lainnya. Permainan yang sungguh menyenangkan.

Kebahagiaan kami ditambah lagi saat mendapat souvenir dan doorprize menarik. Siapa sih yang tidak senang dapat hadiah. Nah, kami semua mendapat hadiah bukan hanya berupa barang tetapi juga kepercayaan diri, motivasi, dan kebersamaan yang tidak terwakili oleh benda apapun.

Kopdar ini kami tutup dengan mengucap "Hamdallah", sebagai rasa syukur pada Sang Maha Pengasih dan Maha Penyayang atas rahmatNya sehingga kami bisa dipertemukan dan berkumpul dalam kebaikan. Tidak lupa sesi foto bersama sebagai dokumentasi dan kenangan bahwa kita pernah merasakan kehangatan dan indahnya saling mengenal


Senangnya dapat souvenir dari IIP Bekasi

Terimakasih untuk para tamu spesial, tuan rumah, dan teman-teman yang sudah hadir dalam kopdar MIIP Batch5 Bekasi2.
Sukses terus untuk diri kita masing-masing. Sukses juga untuk Institut Ibu Profesional.

Salam ibu-ibu pembelajar hebat.

4 komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta
  1. Wah, senangnya acara kemarin bisa terdokumentasi dengan baik. Makasih mbak Dwi yang sudah menulis di blog acara kopdar kmrn lengkap dengan fotonya 😉. Semoga acara kopdar berikutnya juga berkesan dan bermakna seperti kmrn.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah-mudahan ya mba Putri, senang bisa bertemu dan mengenal lebih dekat.

      Hapus
  2. Terima kasih sudah menuliskan kopdar sabtu lalu, Mba Dwi. Semoga akan ada acara kopdar2 lagi di masa yg akan datang sehingga kita bisa lbh saling mengenal lagi dan terus menyemangati untuk tetap menjadi ibu2 pembelajar hebat...

    Salam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kembali mba Ida. Ngumpulnya kurang lama, ya. Mudah-mudahan bisa meetup lagi

      Hapus