√Pesona Wijaya Kusuma
Header catatantirta.com

Pesona Wijaya Kusuma


Pesonanya sungguh menawan

Siapa yang tidak kenal dengan flora yang cantik ini? Sungguh merugi jika belum mengenalnya. 
Flora indah dan cantik ini bernama Wijaya Kusuma. Bunga wijaya kusuma termasuk dalam kategori tanaman kaktus. Meski berasal dari Amerika, Wijaya kusuma dapat hidup di daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Dengan kondisi alam yang tidak terkalu panas, bunga Wijaya Kusuma dapat tumbuh dengan baik. Namun perlu diketahui bahwa kemunculan bunganya tidak bisa diprediksi. Ada  tanaman yang sudah berdaun lebat dengan tangkai yang mulai terlihat, namun belum juga melahirkan bunga yang jelita. Ada juga daun sedikit tetapi sudah mempersembahkan pesona keindahan lewat bunganya yang merekah.

Bunga dari Wijaya Kusuma tidak mekar disembarang waktu. Bakal bunga yang telah timbul hanya akan mekar di malam hari. Puncak keindahannya bisa dilihat saat orang - orang tertidur pulas. Maka dari itu sering kali merekahnya si putih jelita ini tidak bisa dinikmati karena tidak terdeteksi waktu malamnya.
Sangat beruntung jika bisa melihat dan mengabadikan detik demi detik perjalanan Wijaya Kusuma saat akan mengembang. Ada rasa deg - degan, penasaran, dan kagum menjadi satu. 

Bersamaan dengan terbukanya lembar demi lembar kelopak bunga, ada aroma memenuhi indera penciuman. Harum, begitu harum semilir aroma disetiap kelopak merekah. Wanginya menghipnotis hingga mampu menebar ketenangan jiwa. Sungguh anugerah Allah SWT yang luar biasa. Sebuah tanaman kaktus mampu menciptakan bunga indah dan harum. " Maka nikmat Tuhan mu manakah yang kamu dustakan ".
Merekah diantara gelap malam

Kelopak bunga Wijaya Kusuma berwarna putih bersih. Ketika semua kelopak bunga telah merekah sempurna, maka wangi yang tercipta akan semakin kuat. Inilah puncak keajaiban dari bunga Wijaya Kusuma. Di tengah malan dalam gelap dan sunyi, dia merekah dan menebar pesona keindahan. Maka banyak orang yang berasumsi bahwa barang siapa bisa melihat proses mekarnya Wijaya Kusuma, maka dia akan mendapat keberuntungan. Ya, begitulah mitos yang ada. Namun bagi saya itu ada benarnya. Keberuntungan yang di dapat yaitu bisa menjadi saksi kuasa Sang Maha Penguasa jagad raya yang telah menciptakan tanaman unik dan indah. Ini membuat kita terus bersyukur dan memuji Sang Maha Hidup.

Selain mempunyai keunikan merekah di malam hari, ternyata Wijaya Kusuma punya manfaat bagi kehidupan manusia. Dilansir dari Wikipedia, bahwa Wijaya Kusuma bisa meredam rasa sakit, menetralisir pembekuan darah, pempercepat penyembuhan luma, mengobati bisul , obat anti radang, dan sebagai obat batuk.

Wijaya Kusuma bisa menjadi salah satu tanaman hias di halaman rumah. Cara menanam Wjaya Kusuma juga sangat mudah. Cukup dengan mengambil daunnya kemudian ditanam. Beri pupuk dan pencahayaan yang baik, maka tanaman ini akan tumbuh subur. Tunggu daunnya agak lebat dan bercabang, maka keajaiban bunganya akan segera menghiasi malam.

#WijayaKusuma
#RuangMenulis
#WritingTresnoJalaranSokoKulino
#Odopfor99days19Jan18


Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta